Logo

Featured Posts

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK STUDI AKUAKULTUR UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kamis, 10 April 2014

BUDIDAYA Gracilaria POLIKULTUR

By Unknown  |  08.00 No comments

Image Source : http://www.djpb.kkp.go.id/

Rumput laut Gracilaria sp, adalah jenis Rumput laut yang dapat di budidaya kan di muara sungai, maupun di tambak-tambak, meskipun habitat awalnya berasal dari laut, hal ini di karenakan  tingkat toleransi  hidup yang sampai pada batas salinitas 15 per mil bahkan 10 per mil.
Perkembangan teknologi budidaya rumput laut terus berkembang dan dapat dilkukan di lahan tambak. Pengembangan usaha pembudidayaan rumput laut di lahan tambak ini mempunyai prospek yang cukup baik, disamping dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan pembudidaya tambak sekaligus dapat memperbaiki kualitas lingkungn tambak yang akhir-akhir ini cenderung menurun.
Budidaya polikultur udang, bandeng, rumput laut di tambak merupakan penggabungan teknologi monokultur udang, bandeng dan rumput laut. Namun, secara ekologi perairan, gabungan ketiga komoditas dalam satu sistem budidaya saling memberikan pengaruh positif. Dalam hal ini, Gracilaria dapat menyerap racun dan limbah organik sehingga menstabilkan lingkungan dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh udang dan bandeng.
Kegiatan ekonomi yang dapat dihasilkan dari budidaya rumput laut seperti industry obat-obatan, bahan makanan, makanan suplemen, dan kosmetika. Karena itu maka bisnis usaha di bidang komoditas rumput laut memiliki efek penggandaan ekonomi yang cukup besar. Berbagai kajian juga membuktikan bahwa usaha pembudidayaan rumput laut apabila dilakukan secara terpadu dan terintegrasi memiliki peluang pengembangan yang sangat besar dan prospektif.
Jadi untuk para reader, apakah suatu saat kalian berminat untuk melakukan budidaya polikultur bandeng, udang, dan rumput laut Gracilaria?

Keep spirit and FIGHTING!!!



Author: Unknown

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, kritik dan saran bisa langsung disampaikan ke salah satu sosmed ini

0 komentar:

Pengikut

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2014 - Now K.S.A. UNDIP | Supported By Universitas Diponegoro | Created By DipoCyber | KOMINFO KSA 2014 |
TOP